ARTIKEL

Berita Terbaru

Peningkatan Resistensi dari restorasi pasca perawatan endodontik dengan guidence : a review

Monday 13 November 2017

Perawatan endodontik secara umum dilakukan pada gigi yang sudah mengalami infeksi oleh karies, kegagalan perawatan pulpcapping serta pada kasus fraktur gigi.  Terdapat beberapa hal dari perawatan endodontik yang menyebabkan struktur gigi menjadi lemah yaitu design prosedur endodontik yang memerlukan optimal akses, prosedur preparasi yang diperlukan untuk membangun kembali struktur jaringan gigi serta hilangnya cairan dentinal yang juga dapat menyebabkan perubahan jaringan gigi. (Robbins) yang juga dapat menyebabkan perubahan jaringan gigi

KARIES PROKSIMAL

Monday 18 September 2017

Karies proksimal atau dikenal juga sebagai karies interproksimal merupakan karies yang terbentuk pada permukaan cheap replica watches halus antara batas gigi. Kebanyakan lesi karies proksimal dapat dijumpai di daerah antara titik kontak dan di atas margin gingiva bebas. Tipe lesi ini tidak dijumpai di bawah margin gingival sehingga dapat dibedakan antara lesi karies dan bagian servikal.

Pemanfaatan tehnik “ Lesion Sterilization and Tissue Repair” ( LSTR) 3MIX-MP untuk pelayanan kesehatan gigi di Indonesia.

Wednesday 12 April 2017
Di Indonesia angka karies gigi cukup tinggi yaitu rata-rata lebih dari 1 karies gigi (1,57) pada usia remaja (15 tahun), dan meningkat lebih dari 2 karies gigi (2,05) pada usia dewasa serta hampir 2 karies gigi (1,93) pada usia diatas 65 tahun. Karies yang tidak ditangani akan omega replica watches menyebabkan kematiaan pulpa dan berlanjut pada kehilangan gigi.
Arsip

2017

 
13/11/2017 09:07:38 AM

Peningkatan Resistensi dari restorasi pasca perawatan endodontik dengan guidence : a review

Makassar -
Perawatan endodontik secara umum dilakukan pada gigi yang sudah mengalami infeksi oleh karies, kegagalan perawatan pulpcapping serta pada kasus fraktur gigi.  Terdapat beberapa hal dari perawatan endodontik yang menyebabkan struktur gigi menjadi lemah yaitu  design prosedur endodontik yang memerlukan optimal akses, prosedur preparasi yang diperlukan untuk membangun kembali struktur jaringan gigi serta hilangnya cairan dentinal yang juga dapat menyebabkan perubahan jaringan gigi. (Robbins) yang juga dapat menyebabkan perubahan jaringan gigi.

Untuk memperpanjang life time prognosa pada struktur jaringan gigi yang sudah dilakukan perawatan endodontik diperlukan pertimbangan khusus untuk restorasi terutama pada kasus kehilangan struktur gigi yang luas. Pertimbangan tersebut meliputi retensi yang adekuat untuk restorasi dan resistensi maksimum untuk mencegah fraktur gigi.

Secara klinis untuk mempertahankan gigi posterior yang telah dilakukan perawatan endodontik akan meningkat signifikan hasilnya apabila dilanjutkan dengan restorasi mahkota selubung. Angka kejadian menunjukkan bahwa restorasi dengan mahkota selubung dapat meningkatkan resistensi gigi posterior untuk terjadinya fraktur.  
Artikel Selengkapnya.... Klik Disini
(rsgmladokgitnialyossudarso.com)